ILMU TASSAWUF KEGUNAAN DAN KEUTAMAANYA
Spesial Offers...Get Free 50% Bonus from your clicks Just be My Referrals Under Site Below..!!!

ILMU TASSAWUF KEGUNAAN DAN KEUTAMAANYA

TASSAWUF adalah ; ilmu yang dengaNnya anda belajar bagaimana berperilaku supaya berada dalam kehadliran Tuhan ALLAH Yang maha ada, melalui penyucian batin dan mempermanisnya dengan amal baik. Jalan tassawuf dimulai sebagai ilmu, tengahnya adalah amal, dan akhirnya adalah karunia ILLAHI. (Syech Ibn Ajiba .M1809)

Seorang suffi wajib mengamalkan ISLAM. Tidak ada tassawuf tanpa fiqih, karena hukum hukum lahiriah dari ALLAH tidak bisa diketahui tanpa fiqih. Dan tidak ada fiqih tanpa tassawuf, karena tidak sempurna amal kecuali dibarengi tujuan menghadap diri kepadaNYA, juga tidak ada fiqih dan tassawuf tanpa iman. Maka menggabungkan keduanya menjadi suatu kewajiban, karena ketergantungan keduanya dalam hukum seperti ketergantungan Ruh dan Raga. (Syech Ahmad bin Muhammad bin Ajibah Al Hasani ).

Syech al Hafidz Abu Na’in Rahimahulloh berkata : Menjadi prinsip, bahwa menghadap diri kepada ALLAH dengan benar mensyaratkan adanya kesesuaian dirinya dengan apa yang diridloi ALLAH. Apa yang disyaratkan tidak syah tanpa terpenuhi syaratnya : ALLAH berfirman : “ ……dan Dia tidak meridloi kekafiran bagi hambaNYA….” ( QS:39 :7), maka merealisasikan keimanan menjadi kewajiban, sebagaimana firman ALLAH “ …….. dan jika kamu bersyukur, niscaya DIA meredhoi bagimu syukurmu itu …..” (QS;39:7)

Berbagai pendapat mengenai penamaan TASSAWUF, namun menurut Syech Ahmad bin Muhammad bin Ajibah Al Hasani ada lima rujukan untuk istilah TASSAWUF, sebagai berikut :

1. Tassawuf berasal dari kata SHUFAH ( sehelai bulu ) karena seorang sufi bersama ALLAH adalah seperti sehelai bulu yang terlempar yang tidak mempunyai rencana apa apa.

2. Tassawuf berasal daru shufa AL Qafa ( sehelai bulu dipunggung), karena kelembutanya,seorang sufi itu ringan dan lembut seperti bulu.

3. Tassawuf berasal dari kata SIFAH ( ke indahan ). Seorang sufi tersifati sifat sifat terpuji dan meninggalkan sifat sifat tercela.

4. Tassafuf berasal dari kata SHAFAH , bersih atau jernih.

5. Tassawuf berasal dari kata SHUFFAH ( koridor) Masjid Nabawi yang menjadi tempat para ahli shuffah, karena setiap sufi mengikuti sifat yang telah oleh ALLAH kepada mereka dalam firmaNYA: “dan bersabarlah kamu bersama sama dengan orang yang menyeru Tuhanya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridloaaNYA “.( QS:18; 28 ).

Menurut Syech Zarug rahimahulloh Ayat ini merupakan dasar rujukan semua pendapat tentang tassawuf


Selanjutnya berbagai pendapat mengenai definisi tassawuf sebagai berikut :

1. Syekh Junaidi Al Bagdadi :

Tassawuf : ialah hendaknya keadaanmu beserta ALLAH tanpa ada perantara

2. Syekh Ma’ruf Al Karokhi :

Tassawuf adalah mencari hakekat dan meninggalkan dari segala sesuatu yang ada pada tangan makhluq.

3. Dzunnun Al Misri :

Tassawuf adalah tidak payah karena mencari dan tidak susah musnahnya milik.

4. Sahal At Tastury

Suffi adalah orang yang bersih dari kotoran dan penuh pemikiran dan hanya memusatkan pada ALLAH semata tanpa manusia, dan sama baginya harta benda dengan tanah liat.

5. Prof. DR. HAMKA

Tassawuf adalah membersihkan jiwa dari pengaruh benda atau alam supaya dia mudah menuju kepada TUHAN

Dari beberapa difinisi tersebut dapat disimpulkan : pada dasarnya Tassawuf adalah laku mendekatkan diri dari hamba kepada TUHANnya, dengan cara mensucikan diri melalui ibadah ibadah, meninggalkan sifat tercela dan menghiasi dengan sifat terpuji, sehingga mendapatkan kedudukan yang mulia disisi ALLAH.


II. SUMBER TASSAWUF

Dalam kitab Perkembangan Tassawuf Dari Abad ke Abad Prof. DR. HAMKA menyimpulkan: ”Tassawuf islam tumbuh sejak tumbuhnya agama islam itu sendiri. Bertumbuh didalam jiwa pendiri islam itu sendiri, yaitu nabi Muhammad saw. Disauk airnya dari dalam AL Qur’an.

Syekh Ahmad bin Muhammad bin ‘Ajibah al Hasani , mengatakan : Ilmu Tassawuf bersumber dari Al Qur’an, Sunnah, Ilham orang orang salih dan riwayat dari para ‘arif.

Beberapa ayat Al Qur’an sebagi landasan Tassawuf sebagai berikut :

1. Qur’an 3 ; Surat Al Imron 31

Katakanlah ; Jika kamu mencintai ALLAH, ikutilah aku, niscaya ALLAH mencintaimu dan mengampuni dosa dosamu ALLAH maha pengampun maha penyayang.”

2. Al Qur’an 33 : Al Ahzab :41 – 42

“Hai orang orang beriman berdzikirlah ( dengan menyebut nama ALLAH ), dzikir sebanyak sebanyaknya, dan bertasbihlah kepadaNYA diwaktu pagi dan petang.”

3. Al Qur’an 2 : Al Baqoroh ;186

“ Dan apabila hamba hambaku bertanya kepadamu tentang AKU maka ( jawablah ), AKU adalah dekat. AKU mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdo’a kepadaKU. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahku ) dan hendaklah mereka beriman kepadaKU, agar mereka memperoleh kebenaran “.

4. Al Qur’an2 : Albaqoroh ;115

“ Timur dan barat adalah kepunyaan ALLAH, kemana saja kamu berpaling disitu ada wajah ALLAH sungguh. Allah maha luas maha mengetahui “.

5. AlQur’an 50 : Qof : 16

“ Dan sesungguhnya KAMI telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya .“


III.KEGUNAAN TASSAWUF

Buah yang diharapkan dari laku TASSAWUF adalah jiwa yang dermawan, hati yang tenang, dan pekerti yang baik kepada semua makluk. Dan Tassawuf dapat digunakan sebagai sarana untuk mendidik hati dan mengetahui alam gaib menuju buahnya tersebut diatas. Ilmu Tassawuf tidak berbicara tentang ungkapan lisan, melainkan tentang perasaan dan emosi. Ilmu ini tidak bisa dipelajari dari lembar kertas, melainkan diambil dari para ahli rasa. Ilmu ini tidak bisa diperoleh dengan banyak ceritera, melainkan dengan melayani para guru dan menyertai para ahli kesempurnaan ( ahluluKamal)

Ilmu Tasawuf merupakan penyempurna dan syarat bagi semua ilmu lain, karena tidak ada satupun ilmu dan perbuatan kecuali bertujuan menghadap diri kepada ALLAH, dan ikhlas merupakan syarat dalam segala urusan. Syech As Sayuthi berkata : Ilmu Tassawuf menjadi penyempurna dan memperindah bagi ilmu ilmu lain, hubungan ilmu tassawuf dengan ilmu lain seperti hubungan ilmu bayan dan nahwu atau menurut sych Zaruq ; seperti ruh dan jasad.


IV. KEUTAMAKAN DAN HUKUM MEMPELAJARI TASSAWUF

Esensi utama dari tassawuf adalah Dzat yang Maha Tinggi, karena objek tassawuf adalah dzat yang maha tinggi. Oleh karena itu ilmu yang membahas dzat yang maha tinggi secara mutlahk adalah ilmu paling utama. Ilmu Tassawuf dibagian awal memberi petunjuk untuk takut kepada ALLAH, dibagian tengahnya memberikan petunjuk untuk bergaul dengan NYA. dan dibagian akhir memberi petunjuk untuk mengetahui NYA dan untuk mempergunakan seluruh waktu untuk beribadah kepada NYA..

Syeikh ash –Shiqla r.a berkata : barang siapa membenarkan ilmu ini, maka dia tergolong orang orang pilihan, setiap orang yang memahaminya tergolong orang orang terpilih diantara orang pilihan, dan setiap orang yang berbicara dan berbincang tentang ilmu ini, adalah bintang yang tidak terlihat dalam lautan yang tidak terkuras airnya.

Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi sehingga membenarkan ilmu ini, maka gembirakanlah dia. Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi sehingga dia memahami ilmu Tassawuf ini irilah padanya. Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi berbicara ilmu Tassawuf, muliakanlah ia. Dan jika engkau melihat orang yang mengecam ilmu Tassawuf, maka jauhilah dan hindarilah dia, layaknya engkau lari menjauhi karena takut melihat singa. Tidak satu jenis ilmu kecuali pada suatu waktu ilmu itu tidak dibutuhkan , kecuali ilmu Tassawuf. Selamanya tak ada seorangpun yang merasa tidak memerlukan lagi.

Menurut Imam AL Gozali, dari sisi syariat, hukum bertassawuf adalah fardlu ‘ain ( kewajiban individual ), karena setiap orang selain para nabi, pasti punya cacat atau penyakit.


Source : sufipopuler.wordpress.com

Comments :

0 komentar to “ILMU TASSAWUF KEGUNAAN DAN KEUTAMAANYA”
 

Selayang Pandang

Foto saya
Hello. My name is Ridha. I would like to show you my page . This is about free bussiness, actually just small bussiness but i really like it. I hope you will enjoy my site. Feel free to comment it and send me emails, but please do not spam me ;-) Im in GetToBePaid Business since 2008 and I have been in a 'few' programs. Didn't really get paid or earned a few dollars. I would like to share with you with my programs. Please check our all my links. Greetings, rkbisnis! :-)

Thanks for Follow This Blog